Cara Sukses jadi Freelance Online bagi Pemula

11 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Perkembangan era digital yang sangat pesat menjadikan sebagian orang sudah sangat klop atau bahkan ketergantungan dengan internet. Nah, mengapa Anda tidak mencobanya sebagai peluang usaha? Anda dapat memanfaatkan waktu berselancar internet menjadi sebuah peluang usaha loh, salah satunya menjadi freelance online.

Bagi yang tengah menempuh perkuliahan, Anda juga tetap dapat melakukannya. Anda dapat memilih freelance online part time sebagai pilihan. Tertarik mengetahui langkah-langkah apa saja yang perlu disiapkan? Yuk simak tips-tips dalam artikel berikut ini.

Cara Menjadi Freelance Online bagi Pemula

Langkah awal memulai jadi freelance adalah dengan menawarkan keahilan yang kita miliki, sebut saja fotografi, desain grafis, maupun menulis. Jika masih nihil pengalaman, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar tidak gagal di tengah jalan.

Terutama bagi yang masih berkuliah, Anda pasti tak mau sampai kewalahan karena tak mampu membagi waktu dengan baik bukan? Yuk simak delapan tips cara menjadi freelance online bagi pemula berikut ini.

Freelance Online (pic: noobpreneur.com)

1. Pastikan Tujuan Jelas

Sebelum memulai segala sesuatu, tentu membuat target dan tujuan yang jelas. Tanyakan kepada diri Anda alasan ingin menjadi freelance online. Apakah ingin menjadikannya sebagai pekerjaan full time atau sekadar sambilan.

Jika memutuskan jadi freelance online sebagai pekerjaan full time, Anda tentunya perlu memikirkan berapa lama waktu kerja selama satu hari serta beban tanggungjawab lain yang mungkin masih menjadi tugas Anda saat ini.

Jika freelance adalah pekerjaan sambilan, Anda juga harus mempertimbangkan apakah pekerjaan utama Anda memperbolehkan kerja di dua tempat. Atau apakah nantinya tidak akan keteteran apabila banyak klien yang memesan jasa Anda secara bersamaan.

Anda juga harus menentukan berapa jam maksimal dalam mengerjakan sebuah proyek freelance dalam sehari. Ini adalah tahap pertama yang harus Anda lakukan agar tak patah semangat di tengah jalan akibat kewalahan membagi waktu.

2. Mengenali Kemampuan Diri

Sebelum memulai jadi seorang freelance online, Anda perlu mengenali passion dan kemampuan diri sendiri, selanjutnya menawarkan jasa berdasarkan  kemampuan yang dimiliki. Misalnya, jika cukup mahir dalam desain grafis dan menguasai beberapa software terkait, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang jasa pengiklanan.

Begitupun jika Anda suka sekali membuat komik di buku pelajaran, ini juga dapat menjadikannya sebagai peluang memperoleh pendapatan sebagai komikus online loh. Terlebih saat ini sudah banyak situs website yang membuat komik online yang tentu membutuhkan komikus-komikus handal.

Sebagian besar freelance memang manawarkan keahlian dalam bidang industri kreatif seperti fotografi, desain grafis, maupun seni. Namun jangan salah, bagi yang memiliki kemampuan dalam urusan administratif, akuntanis, maupun managerial juga dapat menjadikannya sebagai peluang freelance.

3. Melakukan Branding Diri Sendiri

Anda dapat ‘mengiklankan’ diri sendiri dengan membuat sebuah web portofolio atau blog yang gratisan, ceritakan dan tunjukkan semua hasil karya Anda disana. Cara ini juga semakin memperlihatkan kesungguhan Anda dalam menjual jasa dan layanan pada klien. Dalam web portofoilo, Anda dapat menampilan beberapa contoh hasil pekerjaan maupun desain yang pernah Anda buat.

Cantumkan juga beberapa klien yang pernah menggunakan jasa Anda serta bagaimana testimoni mereka. Berikan beberapa informasi personal yang menunjukkan bahwa kemampuan dan prestasi Anda memang tak asal bicara namun berdasarkan pendidikan dan pelatihan yang terpercaya.

Tambahkan informasi mengenai nomor telefon maupun sosial media yang bisa dihubungi oleh klien. Jika Anda sulit membuat web portofolio, Anda dapat menyulap sosial media Anda seperti instagram menjadi lahan portofolio yang apik. Mudah bukan? Anda dapat melihat beberapa web portofolio dari para freelance lain yang telah expert di bidangnya.

4. Mengidentifikasi Klien

Mengidentifikasi klien dan pangsa pasar yang sesuai dengan jenis jasa yang akan Anda tawarkan. Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan mengenai perusahaan apa saja yang biasanya membutuhkan jasa freelance online.

Terlebih saat ini sudah banyak akun instagram yang rutin memberikan informasi terkait lapangan pekerjaan. Tak ada salahnya Anda mem-follow dan rutin mengecek update-an mereka.Riset kecil ini juga bertujuan agar Anda mempersiapkan beberapa hal yang biasanya diminta klien sebelum menggunakan jasa freelance.

Misalnya saja jika memiliki kemampuan sebagai fasion illustrator, Anda tentu perlu mempersiapkan beberapa hasil karya Anda dalam sebuah sebuah presentasi menarik.

5. Tentukan Harga Jasa dan Layanan

Bicara masalah harga, tentu menjadi urusan yang sedikit sensitif. Terlebih bagi Anda yang masih baru dalam dunia freelance, tentu akan kebingungan jika ditanya berapa harga yang harus klien bayarkan untuk bisa memperoleh jasa Anda.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda melalukan riset kecil-kecilan juga mengenai berapa honor yang biasanya didapat oleh seorang freelance yang menggeluti bidang sama dengan Anda.

Bagi Anda yang masih pemula, Anda tak perlu takut mematok harga ya. Namun pastikan harga yang Anda tawarkan sesuai dengan kemampuan dan profesonalitas Anda. Terlebih Anda masih pemula sehingga relasi yang baik dengan klien lebih diperlukan untuk ketimbang memperoleh upah tinggi namun klien tidak mau kembali pada Anda.

6. Memperluas Relasi

Cara jadi freelance online selanjutnya adalah Anda perlu memperluas relasi sebagai modal awal untuk memperbesar peluang menemukan klien. Layaknya pepatah bahwa tamu membawa rejeki, tak ada salahnya mulai menghubungi kembali teman dan kolega lama. Jangan malu untuk mengungkapkan bahwa Anda sedang memulai freelance online dan jelaskan jasa apa yang Anda tawarkan.

7. Mencoba Perlahan

Apabila Anda masih minim pengalaman, Anda dapat menggunakan cara sambilan atau part time terlebih dahulu. Jangan mengambil freelance full time karena akan membuat Anda kewalahan dan justru mengecewakan klien nantinya.

Mulailah dengan mengerjakan satu proyek hingga selesai baru menerima tawaran dari klien lain. Jangan menjanjikan sesuatu yang berlebihan yang justru akan menjadi jebakan makan tuan dan di cap tidak profesional. Ingat, salah satu kunci jadi freelance yang sukses adalah ketekunan dan profesionalitas.

8. Freelance sebagai Pebisnis, Mengapa Tidak?

Anda tidak harus selamanya menjadi freelance online dengan menjual jasa kepada klien. Anda dapat memulainya dengan melakukan bisnis online. Sudah banyak anak muda yang sukses berkat cara ini loh. Terlebih, meningkatnya situs belanja online dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma.

Anda dapat memulai bisnis online dengan memanfaatkan fitur dropshipper sehingga tak terlalu banyak memakan modal. Namun pastikan Anda memiliki kesungguhan karena sangat sulit memulai bisnis online jika Anda justru hilang-muncul dan membuat para pembeli memilih penjual yang lebih sigap dan cepat dalam melayani.

Itulah beberapa cara jadi freelance yang dapat langsung dipraktikkan sekarang. Salah satu kunci suksesnya adalah niat yang sungguh-sungguh. Jangan sampai keinginan Anda menjadi freelance online hanya setengah-setengah atau sekadar mengikuti teman dan tren.

Segala sesuatu perlu usaha ekstra pada saat awal. Namun jika Anda mau menekuri satu persatu proses tersebut, Anda tentu akan memperoleh pendapatan yang tak kalah dengan mereka yang berstatus sebagai pegawai. Salah satu kelebihan seorang freelance, memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja sendiri. Selamat mencoba !

You might like

About the Author: Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *