7 Cara Mudah Mendapatkan Pekerjaan

13 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Susah cari kerja? Coba lakukan ini biar cepat keluar dari zona pengangguran. Bekerja merupakan cara agar manusia dapat bertahan hidup. Sebab dari pendapatan yang dihasilkan, manusia dapat mencukupi kebutuhannya.

Inilah yang menjadi salah satu alasan orang berlomba-lomba menyekolahkan anaknya hingga pendidikan tinggi. Ya! diakui atau tidak, sebagian besar latar belakangnya adalah agar sang anak bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan layak dari pengetahuan yang diperoleh selama sekolah.

Namun nyatanya, mencari pekerjaan terkadang tak semudah yang dibayangkan. Setiap hari ratusan orang harus bersaing untuk memperebutkan posisi tersebut.  Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini sedang berjuang mencari pekerjaan, sebaiknya baca terlebih dahulu ulasan singkat ini.

ilustrasi (pic: jobberman.com)

Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah dan Cepat

Memperoleh pekerjaan sebenarnya bukanlah hal sulit apabila Anda mengetahui strateginya. Berikut cara mudah mendapatkan pekerjaan baru yang harus mulai Anda terapkan, yaitu:

1. Temukan dan Perdalam Passion

Modal utama Anda dapat memperoleh pekerjaan adalah memiliki kemampuan. Bahkan kenyataannya, ada beberapa orang yang justru ditawari tanpa mencari berkat keahliannya. Maka dari itu, ketika Anda mempunyai passion di bidang tertentu, maka perdalam sampai bisa jadi yang terbaik atau setidaknya ahli. Bukankah menyenangkan jika hobi Anda dibayar?

Namun masalahnya, terkadang ada orang yang tidak tahu apa passionnya. Jika Anda termasuk seperti itu, coba jawab pertanyaan berikut ini:

  • Apa kegiatan yang Anda suka sehingga secara suka rela mengerjakan dalam waktu lama?
  • Apa tema bacaan yang membuat Anda tertarik untuk membacanya?
  • Apa bidang yang ketika Anda mengerjakannya akan timbul perasaan bahwa Anda sangat menguasai hal tersebut?
  • Apa pekerjaan yang ingin Anda capai setelah 10-20 tahun yang akan datang?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan inilah yang kemungkinan besar adalah passion Anda. Terkadang orang sulit menemukan passion-nya karena dia ragu atau bahkan tidak berani mengenali diri sendiri.

2. Aktif Berorganisasi

Sejak pendidikan dasar Anda tentu sudah diajarkan berorganisasi, misal pramuka, UKS, atau lainnya. Bagi Anda yang sekarang masih sekolah ataupun sudah lulus, jangan pernah ragu untuk aktif berorganisasi sesuai minat. Sebab ternyata aktif berorganisasi tidak hanya bermanfaat ketika berada di sekolah, namun juga bisa jadi cara mudah untuk mendapat pekerjaan.

Melalui organisasi, kemampuan Anda akan ter-eksplorasi dan terasah dengan baik. Selain itu, aktif organisasi juga otomatis mendatangkan banyak relasi yang suatu saat pasti ada di antara mereka menjadi jalan untuk memperoleh pekerjaan. Faktanya, ada beberapa orang yang mendapatkan karena temannya di organisasi tahu bahwa dia mumpuni di bidang tertentu.

3. Magang atau Pelatihan Kerja

Cara mudah untuk mendapat pekerjaan selanjutnya adalah dengan magang atau pelatihan kerja.Saat ini banyak sekali perusahaan yang membuka kesempatan bagi siswa dan mahasiswa untuk magang kerja. Kemudian adapula program dari pemerintah maupun LSM yang menyediakan pelatihan kerja untuk umum, terutama bagi mereka yang tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi. Silahkan Anda pilih mana yang sesuai dengan kondisi, minat, serta kemampuan.

Magang ataupun latihan kerja akan membekali diri soft dan hard skill yang sangat berarti saat Anda mencari pekerjaan. Anda tentu sering menemui lowongan pekerjaan yang mencantumkan persyaratan berpengalaman. Nah, magang dan pelatihan kerja ini bisa Anda jadikan portofolio untuk dilampirkan di lamaran pekerjaan.

Penting juga Anda lakukan selama mengikuti magang kerja adalah menunjukkan kinerja terbaik. Sebab bisa jadi atasan di tempat Anda magang tertarik dan meminta Anda untuk lanjut bekerja secara tetap.

4. Buat Curriculum Vitae (CV) yang Benar dan Menarik

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan, jangan lupa untuk membuat CV atau daftar riwayat hidup yang benar dan menarik. Mengapa demikian? Sebab dari biodata diri inilah HRD tempat Anda mengalamar pekerjaan akan mempertimbangkan atau mengevaluasi kemampuan Anda. Jika Anda bisa menarik perhatian HRD melalui CV, maka bisa dipastikan Anda akan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya.

Cara membuat curriculum vitae yang benar dan menarik, di antaranya susun desain secara rapi dan menarik, kelompokkan beberapa keterangan (identitas, pendidikan, kemampuan, dll) secara jelas sehingga mudah dipahami,  gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta cantumkan keahlian yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilamar.

Sebaliknya, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari saat membuat CV yaitu jangan sampai typo (salah ketik), menggunakan kalimat bertele-tele, memakai alamat email dan media sosial alay, memasang foto selfie.

5. Cari lowongan kerja

Cara mudah mendapatkan pekerjaan tentu dengan rajin mencari lowongan kerja. Di era digital seperti sekarang ini, informasi loker bisa Anda dapatkan dengan mudah. Mulai dari situs loker, seperti jobsDB, Jobstreet.co.id, Karir.com, Jobindo.com, sampai media sosial. Semua situs ini menyediakan ribuan loker dari berbagai bidang. Selain itu, Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan dengan mengikuti event  job fair.

Semasa mencari loker ini Anda harus update dan pantang menyerah meski mungkin lamaran Anda belum diterima. Coba untuk melamar di beberapa tempat sesuai dengan passion Anda. Tak kalah penting, Anda juga perlu mempelajari perusahaan yang akan dilamar, seperti levelnya, persyaratan bagi pelamar, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mengatur strategi terbaik agar Anda bisa diterima.

6. Berdoa

Hal yang perlu senantiasa diingat bahwa semuanya berasal dari Tuhan, termasuk pekerjaan sebagai perantara datangnya rezeki. Oleh karena itu, cara mendapatkan nya dengan mudah adalah dengan berdoa. Jika selama ini Anda masih kesulitan memporeh pekerjaan, coba cek kembali kedekatan Anda dengan Tuhan. Berdoa merupakan bentuk kepasrahan makhluk kepada Sang Pencipta dan menjadi penyempurna sebuah usaha.

Mulai sekarang bangun komitmen untuk rajin berdoa sesuai kepercayaan masing-masing. Bagi Anda yang muslim silahkan tambahkan rutinitas sholat dhuha, membaca Al-Quran sebelum mencarinya.

7. Mulai Bisnis Sendiri

Sampai saat ini Anda masih belum mendapatkan pekerjaan? Tidakkah tertarik untuk membangun bisnis sendiri?Sebagian besar orang belum bekerja karena mereka hanya menganggap bahwa pekerjaan yang menjanjikan adalah karyawan di suatu perusahaan maupun lembaga pemerintah.

Padahal, setiap orang telah dihadiahi kemampuan yang bisa mendatangkan penghasilan tanpa harus bekerja kepada orang lain. Ya, melalui berbisnis. Namun masalahnya, bagaimana jika Anda tidak memiliki modal untuk memulai bisnis? Perlu diingat bahwa bentuk modal tidak hanya uang, tetapi juga kemauan dan kemampuan yang Anda miliki.

Di era yang serba online seperti sekarang ini, ada banyak sekali peluang bisnis tanpa modal berupa uang yang bisa Anda jalankan, di antaranya menjadi dropshipper, penulis, agen properti, dan masih banyak lagi.

Intinya,  untuk memperoleh pekerjaan Anda harus berusaha dan berdoa, sebab semua manusia telah dibekali Tuhan dengan kelebihan yang apabila dikembangkan secara optimal bisa menjadi perantara untuk mendapatkan rezeki. Semoga ini bisa jadi cara Anda untuk segera mendapatkan impian bekerja.

You might like

About the Author: Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *