Asal Usul Sejarah Dracula, Legenda atau Fakta?

22 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Cerita asal usul atau sejarah dracula masih simpang siur, benarkah hanya sebuah legenda atau fakta dari jaman dahulu sampai sekarang? Semenjak booming-nya film Twilight para peminat dunia ghaib mulai bertanya-tanya kembali tentang eksistensi Dracula. Benarkah Dracula itu nyata? Ataukah hanya Fantasy? Untuk menjawab itu kita harus menyusuri lorong waktu untuk melihat kembali kapan sebenarnya istilah Drakula mulai beredar.

Kepercayaan suatu masyarakat terhadap sosok ghaib sebenarnya ada diseluruh dunia. Hampir tidak ada satupun peradaban didunia ini yang tidak pernah membahas tentang hal-hal ghaib. Pada masa lalu, masyarakat Eropa juga telah biasa mendengar hal-hal yang berkaitan dengan makhluk-makhluk ghaib.

Asal Usul Dracula

Dan makhluk ghaib yang melakukan kontak dengan manusia dengan cara meminum darah manusia disebut “Vampir” oleh kebanyakan kepercayaan Eropa. Vampire ini bisa berwujud bermacam-macam bisa seperti binatang ataupun manusia. Lalu istilah vampire ini perlahan mulai semakin dikenal saat istilah “Dracul” ataupun “Dracula” mulai beredar. Saat itu akhirnya masyarakat Eropa mulai mengidentikkan bahwa “Vampir” itu ialah sosok seperti manusia yang hidup dengan meminum darah segar manusia lainnya.

Asal Usul Dracula

Istilah Dracula mulai tersebar pada abad 14 saat salah seorang pemimpin perang kemerdekaan Rumania bernama Vlad Dracul melakukan ritual meminum darah manusia saat selesai bertempur. Pada saat itu hampir seluruh Eropa Timur dikuasai oleh Kerajaan Turki Utsmani. Vlad Dracul muncul sebagai pemimpin masyarakat Rumania untuk menentang kekuasaan Turki.

Vlad Dracul ini dikenal kejam dan tidak memiliki belas kasihan terhadap pasukan Turki ataupun rakyat Rumania yang membangkang. Pada akhir hayatnya Vlad Dracul yang konon tidak bisa dibunuh itu, tewas ditangan seorang Sultan Tukri (ada juga yang mengatakan Panglima), dengan cara memancung kepala Vlad Dracul setelah bertempur satu lawan satu ditengah kegelapan.

Sejarah Dracula, Legenda atau Fakta?

Cerita tentang, Vlad Dracul yang abadi dan tidak bisa mati ini tersebar di seluruh Rumania. Walaupun pada saat Vlad Dracul sudah dipancung kepalanya oleh Sultan Turki. Sebenarnya semangat revolusi di negara Rumania sendiri lah yang menghidupkan sosok Vlad Dracul itu. Sehingga saat pemberontakan-pemberontakan lainnya terjadi untuk menghadapi Turki, masyarakat Rumania selalu menjadikan panglima perang mereka seperti sosok Vlad Dracul.

Mungkin bagi dunia sosok Dracula itu sosok hantu yang mengerikan. Tetapi bagi masyarakat Rumania, Drakula itu ialah pahlawan mereka. Dari waktu ke waktu hingga kemasa sekarang, setiap pemimpin Rumania sangat menghargai jasa Vlad Dracul sebagai pahlawan kemerdekaan mereka.

Terlepas dari segala ritual mengerikan yang ia lakukan. Terlepas dari berguna atau tidaknya ritual minum darah itu. Pada pengikut Vlad Dracula itu tentu masih tetap ada hingga kezaman ini. Jika tidak tidak mungkin cerita ini tetap melegenda. Namun Drakula versi mistis yang digambarkan sebagai seorang yang sudah mati lalu hidup kembali agaknya patut dikembalikan kepada persepsi masing-masing.

Namun Drakula versi nyata, yaitu manusia meminum darah manusia, tentu masih bertebaran dimana-mana karena ingin mengamalkan aliran ilmu sesat tertentu ataupun ingin menjawa keawetan agar tetap terlihat muda. (Zulfahri)

You might like

About the Author: Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *