Tempat Wisata Tanjungpinang

22 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Tanjungpinang merupakan sebuah kota penuh dengan pesona yang mampu menghipnotis para pengunjungnya. Kota ini termasuk salah satu kota yang memiliki evolusi bersejarah sejak jaman dahulu. Letak geografis yang sangat strategis menjadikan kota ini sebagai perlintasan perdagangan dan pelayaran dari seluruh dunia.

Unsur keragaman budaya hingga tempat wisata tanjungpinang ini begitu istimewa dan patut untuk dijelajahi. Kota tanjungpinang pada jaman dahulu sering kali mengalami perubahan status. Mulai dari status sebagai pusat pemerintahan Kesultanan Riau-Lingga, menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Riau, hingga pernah menjadi ibu kota Provinsi Riau.

Namun pada akhirnya kota ini berubah menjadi kota administratif dan sampai sekarang menjadi ibu kota Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini menjadi salah satu saksi penting, karena di sanalah tempat yang menjadikan cikal bakal bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Di samping itu, potensi wisata tanjungpinang ini pastinya sangat menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan. Tanjungpinang memiliki berbagai tempat mulai dari wisata bersejarah hingga wisata alamnya yang indah. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata Tanjungpinang yang wajib Anda kunjungi.

  • Pantai Trikora, Tempat Wisata Tanjungpinang Penuh Pesona

Pantai Trikora merupakan tempat wisata yang wajib Anda datangi saat mengunjungi kota Tanjungpinang. Pantai ini termasuk salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Kepulauan Riau. Walaupun letaknya tidak persis berada di Tanjungpinang, tetapi pantai ini tetap sayang untuk dilewatkan karena lokasinya masih berada dalam satu pulau dengan Pulau Bintan.

Wisata Pantai Trikora Bintan, Kepri
Wisata Pantai Trikora Bintan (pic. fb/BellenTino)

Pantai ini tepatnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Pantai ini berjarak sekitar 45 kilometer dari Kota Tanjungpinang dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama kurang lebih satu setengah jam. Keistimewaan yang ada pada pantai ini berupa karakteristiknya yang mirip dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Belitung.

Di pantai ini, Anda akan menemukan kumpulan batuan granit yang menjulang, sehingga mempercantik tampilan Pantai Trikora ini. Selain itu, pantai ini memiliki pasir berwarna putih serta air yang bening dan jernih. Garis pantai yang cukup panjang membuat Anda bisa menikmati suasana pantai dengan bebas. Terdapat pula pondok-pondok berbagai ukuran yang disewakan untuk para wisatawan.

  • Danau Biru Yang Ada Di Bintan

Tempat wisata Tanjungpinang kedua adalah Danau Biru Bintan. Objek wisata ini merupakan danau buatan yang ada di area pertambangan Pulau Bintan. Warna air di danau ini menampilkan warna biru cerah seperti warna pada Danau Kaolin di Pulau Bangka dan bahkan mirip dengan Blue Lagoon yang ada di Islandia.

Untuk bisa sampai ke Danau Biru, Anda bisa menempuhnya dari Kota Tanjungpinang selama kurang lebih 20 sampai 30 menit saja. Terdapat dua rute yang bisa dilewati, yakni rute pertama melewati jalur yang menuju Pantai Trikora.

Sedangkan yang kedua melewati jalur menuju arah ke Bandara. Anda pun tidak dipungut biaya untuk mengunjungi tempat wisata ini, karena Danau Biru belum termasuk tempat wisata komersil. Tempat ini hanyalah wilayah tambang pasir yang sampai saat ini masih dipergunakan secara aktif.

  • Vihara Ksitigarbha Bodhisattva (Patung 1000 Wajah)

Tempat wisata tanjungpinang yang perlu Anda kunjungi juga yakni sebuah Vihara bernama Ksitigarbha Bodhisattva. Vihara ini lokasinya berada di perbukitan yang ada di sebelah barat kota tanjungpinang, provinsi Kepulauan Riau. Vihara ini merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha yang juga dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Tempat ini sudah didirikan sejak tahun 2010. Ciri khas dari Vihara ini adalah bangunan arsitekturnya yang unik seperti bangunan China serta adanya “patung seribu wajah” yang menjadi daya tarik tersendiri. Patung yang disebut sebagai patung seribu wajah ini sebenarnya hanya ada 500 buah dan menampilkan ekspresi wajah yang berbeda-beda.

baca juga:

Ukuran patungnya sendiri tidaklah sama, berkisar dari ketinggian 1,7 meter hingga 2 meter. Bagi Anda yang ingin merasakan suasana seperti sedang berwisata ke negeri Tionghoa, maka Anda tidak perlu jauh-jauh ke sana. Datang saja ke Vihara ini. Jaraknya pun bisa ditempuh selama kurang lebih 10 menit jika berkendara dari Bandara Raja Ali Haji Tanjungpinang.

  • Pulau Penyengat, Saksi Sejarah Cikal Bakal Bahasa Indonesia

Nah, berikutnya tempat wisata Tanjungpinang yang tentunya tidak boleh dilewatkan adalah Pulau Penyengat. Seperti yang kita tahu selama ini, bahwa bahasa persatuan kita, yakni Bahasa Indonesia, berasal dari Bahasa Melayu. Sedangkan bahasa melayu sendiri beserta kebudayaannya tersebut asalnya dari Pulau Penyengat.

Pulau ini berjarak sekitar 2 kilometer dari Kota Tanjungpinang. Saat mengunjungi pulau ini pun Anda akan menjumpai banyak peninggalan dari Kesultanan Johor, Pahang, Siak, Lingga, dan juga dari Kerajaan Riau sendiri. Pulau ini bisa disebut sebagai salah satu ikon untuk kunjungan tempat wisata di Kota Tanjungpinang.

Anda bisa mencapai pulau ini dengan cara menyeberang dari Batam yang ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Atau pilihan lainnya adalah melalui pelabuhan Tanjungpinang yang hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja untuk penyeberangannya. Pulau Penyengat memiliki panjang sekitar 2. 000 meter dan juga lebar 850 meter dan telah masuk dalam calon Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

  • Jangan Lupa Datanglah Ke Masjid Raya Sultan Riau

Untuk tempat wisata tanjungpinang dalam konteks religi terutama bagi umat muslim, wajib hukumnya untuk mengunjungi Masjid Raya Sultan Riau. Ketika Anda mengunjungi Pulau Penyengat, sempatkanlah waktu untuk datang ke masjid ini. Karena masjid ini sudah tercatat sebagai salah satu masjid tertua di Indonesia, sekaligus menjadi saksi sejarah Kesultanan Islam yang ada di tanah Melayu.

Selain itu, masjid ini juga sudah tercatat sebagai situs cagar budaya dari pemerintah Indonesia. Secara kasat mata, masjid ini lebih didominasi oleh warna hijau dan kuning serta memiliki keunikan tersendiri pada corak arsitekturnya. Secara fisik, masjid ini memang tampak seperti masjid kebanyakan.

Namun jika dilihat dari proses pembangunannya, dikabarkan bahwa salah satu komponen penyusun dinding masjid merupakan putih telur tanpa penggunaan semen. Di samping itu, kabar yang beredar bahwa proses pembangunan masjid ini membutuhkan waktu hingga 40 tahun lamanya.

  • Masjid Pink, Salah Satu Destinasi Religi Di Bintan

Masih tentang wisata religi bagi umat muslim, kali ini ada Masjid Pink yang memiliki nama asli Masjid An Nur. Lokasi masjid ini ada di Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Walaupun sebenarnya letak masjid ini berada di luar Tanjungpinang, namun tak ada salahnya mengunjungi masjid ini sebagai rangkaian wisata di Kota Tanjungpinang.

Keunikan masjid ini terletak pada warna cat pink yang mendominasi serta pola arsitekturnya yang unik dan mampu menarik perhatian. Warna yang cerah tersebut tentunya mampu memanjakan mata Anda. Apalagi warna cantiknya tersebut akan lebih indah diabadikan melalui jepretan kamera.

  • Bukit Panglong, Bekas Galian Yang Menjadi Danau

Destinasi wisata yang tak kalah memanjakan mata selanjutnya adalah Bukit Panglong. Bukit Panglong ini juga berada di Kabupaten Bintan. Lokasi Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan yang tidak terlalu jauh ini bisa Anda manfaatkan sekaligus untuk menjelajah lebih jauh. Bukit ini cocok untuk dijadikan wisata adventure karena wilayahnya berada di area yang cukup tinggi.

Bukit ini juga memiliki potensi besar dalam penyimpanan batu granit, sehingga bukit ini juga dijadikan area tambang. Dahulu tempat ini dibom untuk bisa diambil tambang batu dan pasirnya, sehingga meninggalkan sebuah kawah lumayan luas dengan kedalaman 50 meter. Kawah tersebut semakin lama terisi penuh oleh air dan menjadikannya sebuah danau berwarna biru yang sangat menawan.

Itu dia 7 tempat wisata Tanjungpinangyang wajib Anda kunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Ternyata di kota perbatasan pun terdapat potensi-potensi wisata yang mengagumkan. Sebagai warga negara Indonesia pun kita patut berbangga diri dan turut melestarikan tempat-tempat wisata yang ada di dalam negeri.

You might like

About the Author: Admin Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *