Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

21 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang merupakan pelabuhan nasional sekaligus internasional yang terletak di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Pelabuhan ini merupakan sebuah pelabuhan yang dijadikan sebagai sarana penghubung antara Kota Tanjung Pinang dengan pelabuhan-pelabuhan di bagian sebelah utara kota tersebut.

Beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Lobam, Pelabuhan Telaga, dan Pelabuhan Bulang Linggi dapat terhubung dengan Kota Tanjung Pinang dengan adanya Pelabuhan Sri Bintan Pura. Tidak hanya digunakan sebagai pelabuhan penghubung antarkota, pelabuhan ini pun mempunyai jalur khusus yang langsung menghubungkan Tanjung Pinang dengan Singapura ( Tanah Merah dan Harbour Front) dan Malaysia (Stulang Laut).

Pelabuhan Sri Bintan Pura Kota Tanjungpinang
Foto Pelabuhan Sri Bintan Pura Kota Tanjungpinang

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang merupakan pelabuhan yang memiliki layanan yang sangat maju dan modern. Berikut ini ada beberapa layanan terbaik pelabuhan di Sri Bintan Pura yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas!

Layanan Akomodasi Laut Terbaik dan Terpercaya di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang merupakan sebuah terminal penyeberangan yang terletak di Kota Tanjung Pinang yang tepatnya di Pulau Bintan. Pelabuhan ini memiliki dua rute penyeberangan yaitu domestik atau lokal (nasional dan internasional). Sri Bintan Pura disebut sebagai pelabuhan tersibuk yang ada di Kepulauan Riau. Para penumpang armada setiap harinya selalu memenuhi terminal di Pelabuhan Sri Bintan Pura, baik penumpang antarpulau maupun antar negara.

Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang ialah terminal penerbangan nasional dan internasional yang menyediakan akomodasi laut yang sangat terpercaya. Di terminal penyeberangan Sri Bintan Pura, telah berjejer berbagai macam kapal cepat yang berlabuh. Salah satu sarana penyeberangan kapal cepat yang disediakan oleh Pelabuhan Sri Bintan Pura ialah kapal Ferry dan Speed Boat.

Dengan pelayanan akomodasi laut yang terpercaya dan lengkap tersebut, maka tidak heran jika Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang selalu dipenuhi penumpang. Terlebih di saat hari libur nasional maupun saat hari raya telah tiba. Semua tiket penumpang habis diserbu oleh para penumpang yang datang dari berbagai macam daerah.

Meskipun selalu ramai dan padat dipenuhi oleh para penumpang, namun kenyamanan dan keamanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sangat terjaga dengan baik. Di pelabuhan ini terdapat banyak penjual jasa seperti porter (buruh panggul), Taxi, Pedagang, dan lainnya yang selalu memberikan kenyamanan pada setiap penumpang. Jadi, sudah pasti setiap penumpang yang menggunakan jasa di pelabuhan Sri Bintan Pura ini selalu puas dan nyaman.

Untuk waktu pelayanan penyeberangan di Pulau Sri Bintan Pura Tanjungpinang, pelabuhan ini mulai beraktivitas mulai pada dini hari yaitu 05. 30 hingga malam hari pukul 19. 15. Namun, waktu pelayanan keberangkatan di terminal pelabuhan ini tidak selalu tepat waktu. Hal tersebut karena waktu penyeberangan akan disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Kondisi cuaca di laut yang berubah-ubah dapat menyebabkan waktu penyeberangan di Pelabuhan Sri Bintan Pura tertunda berlayar. Pelayanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura ini selalu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan para penumpang, sehingga armada kapal tidak dipaksakan untuk berlayar jika cuaca di laut sedang ekstrem.

Layanan Smart di Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang

Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang merupakan pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo 1. Pada bulan Maret 2018, pihak PT Pelindo 1 ini telah merencanakan gerakan transaksi non tunai di terminal penyeberangan. Pelabuhan Sri Bintan Pura ini akan ditetapkan sebagai pelabuhan penumpang percontohan yang menerapkan non tunai atau istilah lainnya cash less.

Dengan adanya gerakan sistem non tunai ini, kapal yang bersandar tidak akan lagi melakukan perhitungan secara manual. Namun, semua perhitungan akan dilakukan dengan membuka gate melalui barcode yang sebelumnya telah dilakukan pembayaran terlebih dahulu. Di samping itu, semua transaksi yang terjadi di terminal SBP pun hanya dapat dilakukan dengan menggunakan uang elektronik atau istilah lainnya ialah e-money.

Gerakan non tunai ini disebut sebagai gerakan sistem smart yang akan mendukung kemajuan terminal penyeberangan di Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang. Selain menerapkan sistem non tunai, PT Pelindo 1 pun telah merencanakan berbagai program smart lainnya seperti Tap and Go atau layanan untuk khusus paspor penumpang.

Ada pula e-ticket untuk para penumpang kapal, e-parking bagi penumpang yang ingin parkir mobil, dan ada pula e-food bagi para penumpang yang ingin berbelanja di terminal. Semua gerakan program smart tersebut dikatakan sukses dan berjalan dengan baik di Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

Hal tersebut disebabkan karena hampir semua masyarakat di Kota Tanjung Pinang telah menggunakan sistem non tunai sejak lama. Sehingga dalam proses penerapan program baru yang modern tersebut tidak begitu sulit. Justru program tersebut dapat dikatakan berhasil berjalan lebih cepat pada masyarakat di Tanjung Pinang.

Program smart ini sangat menguntungkan kedua pihak yaitu antara pihak pengelola Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang dan para penumpang di terminal. Dengan menggunakan program ini, pihak pengelola lebih mudah dalam melakukan perhitungan pada proses transaksi.

Sedangkan untuk para penumpang, mereka dapat menghindari bahaya dari pungli alias pungutan liar yang seringkali merugikan mereka dalam menggunakan layanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura ini. Di samping itu, program smart non tunai ini pun memudahkan akuntabilitas bagi para penumpang untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ticket loss atau kehilangan tiket.

Kapal Penumpang Rute Tanjungpinang Batam
Kapal Penumpang Rute Tanjungpinang Batam

Selain itu, dengan adanya program Tap and GO di terminal penyeberangan Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanungpinang, hanya penumpang yang telah menggunakan e-money lah yang dapat masuk terminal. Sehingga penumpang ilegal tidak diizinkan untuk masuk, terkecuali ia telah memiliki kartu e-money.

Dengan layanan terbaik dari Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjungpinang ini tidak heran jika kinerja di PT Pelindo 1 semakin meningkat. Tidak hanya itu saja, dengan adanya program-program smart dan layanan yang sangat unggul ini, pendapatan korporasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura pun ikut meningkat tajam. Apalagi kelengkapan di terminal pelabuhan ini telah memiliki nilai investasi sebesar Rp. 40 miliar yang sudah berstandar nasional, seperti halnya dikatakan oleh Wawan selaku pengelola PT Pelindo 1.

Maka itulah layanan akomodasi laut di Pelabuhan Sri Bintan Pura yang terbaik dan terpercaya. Tidak hanya memberikan pelayanan yang begitu ramah, nyaman, dan tenang, pelabuhan ini pun telah menyediakan layanan smart yang terbaik. Dengan layanan yang modern yang sudah bertaraf internasional ini, Pelabuhan Sri Bintan Pura ini dijadikan sebagai pelabuhan percontohan untuk pelabuhan lainnya di Tanjung Pinang.

Layanan modern dan terbaik dari Pelabuhan ini telah diketahui oleh masyarakat luas dari berbagai negara lain. Dengan demikian, kepopuleran Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang semakin meningkat dan kualitas layanan pelabuhan ini telah berhasil menyaingi pelabuhan-pelabuhan lain terbaik yang ada di berbagai negara.

Demikianlah informasi selengkapnya tentang Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang yang terkenal dengan kualitas layanannya yang terbaik.

You might like

About the Author: Admin Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *