Nikmati Pesona Monumen Bersejarah Tugu Pensil Tanjungpinang

28 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatra yang mempunyai berbagai pesona baik dalam hal wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata religi. Hal ini bisa terjadi karena penduduk di Kepulauan Riau, terutama di daerah ibu kotanya, Tanjungpinang, memiliki akulturasi budaya, suku, dan agama yang cukup kentara.

Salah satu tempat yang dapat dinikmati di kota ini adalah Tugu Pensil Tanjungpinang. Tugu yang memiliki ciri khas berbentuk seperti pensil ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang patut untuk dijaga. Jika Anda sedang bingung untuk mencari tempat yang bisa memulihkan keadaan Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari, maka Tugu Pensil Tanjungpinang ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Tugu Pensil ini berlokasi di Jalan Haji Agus Salim, Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Pesona Monumen Bersejarah Tugu Pensil Tanjungpinang
Pesona Monumen Bersejarah Tugu Pensil Tanjungpinang (pic pesonawisataindonesia.com)

Tugu yang terletak di tepian pantai ini tentunya mampu menenangkan pikiran Anda sekaligus menjadi tempat untuk menikmati pantai dengan santai di pagi maupun sore hari. Ingin mengetahui apa saja yang bisa Anda nikmati di Tugu Pensil, berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah Tugu Pensil Tanjungpinang

Tempat wisata satu ini dapat disebut dengan Tugu Pensil Tanjungpinang dikarenakan memang sebuah tugu atau monumen yang memiliki bentuk pensil pada bangunannya yang berlokasi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Tugu ini merupakan sebuah monumen yang dibuat dengan tujuan sebagai simbol untuk pemberantasan buta huruf.

Sekaligus sebagai sebuah penghargaan terhadap Provinsi Kepulauan Riau karena dapat membebaskan serta memberantas buta huruf di daerahnya, melalui sebuah program yang bernama Pemberantasan Buta Huruf (PBH) yang diselenggarakan pada tahun 1960-an.

Tugu yang dibangun dengan bentuk pensil ini dibangun supaya masyarakat yang ada di Kepulauan Riau dapat berkontribusi dalam memberantas kebutaan huruf.Selain itu juga supaya masyarakat lebih mementingkan kualitas pendidikan demi membangun bangsa Indonesia yang lebih maju.

Tugu pensil ini memiliki bentuk seperti sebuah monumen yang berdiri tegak dengan cat berwarna putih dan pada ujungnya berbentuk runcing seperti bentuk pensil. Sedangkan pada bagian bawahnya bangunan ini tidak langsung bersentuhan dengan tanah, akan tatapi memiliki alas yang bentuknya seperti segitiga terbalik.

baca juga:

Tugu ini didesain dan dirancang oleh seorang putra daerah bernama Ir. NizarNasir.Lalu untuk peletakan batu pertamanya ini dilaksanakan pada pertengahan tahun 1962, yang dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu, yakni Prof. Prijono.

Fasilitas Yang Terdapat Di Tugu Pensil

Untuk dapat mempercantik tampilan di sekitarnya, maka dibangunlah sebuah taman kota yang dipenuhi dengan pohon-pohon yang rindang, adanya lapangan voli, lintasan untuk jogging, kawasan atau arena untuk fitness, kios-kios kecil, rumah makan, gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar, arena untuk bermain, papan reklame, dan toilet umum yang nyaman digunakan.

Tentunya terdapat pula fasilitas taman seperti pada umumnya yakni gerbang taman, bangku taman, lampu taman, dan yang tak kalah penting adalah tulisan ‘Tugu Pensil’ yang besar dengan dilengkapi prasasti Gurindam 12, yakni karya dari sang Raja Ali Haji.

Karena Tugu Pensil Tanjungpinang ini merupakan salah satu tempat yang nyaman untuk bersantai, tidak heran bila banyak orang yang mengunjungi tempat ini terutama pada hari libur akhir pekan maupun tanggal merah.Pemerintah setempat juga telah menyediakan fasilitas bermain untuk anak-anak agar dapat bermain dengan leluasa.

Bagi warga seperti anak-anak muda termasuk remaja, bisa menikmati suasana di tempat ini dengan duduk-duduk di bawah pepohonan rindang sambil mendengarkan merdunya suara deburan ombak. Dalam urusan jajanan, di tempat ini pun juga terdapat penjual-penjual yang menjajakan jajanan dan makanan seperti sosis, siomay, dan minuman-minuman yang dijual dengan harga yang masih terjangkau.

Sehingga, para pengunjung yang merasa lapar tidak perlu bingung untuk mencari makanan atau minuman dan tak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah.Keunikan dari Tugu Pensil Tanjungpinangyang lokasinya berada di tepi pantai ini tentunya menambah kecantikan pemandangan sekitar.

Sembari duduk-duduk dengan santai, para pengunjung di tempat ini juga bisa menikmati keindahan pantai dan laut yang terhampar, menikmati sunset, hingga pemandangan dari Pulau Penyengat yang memiliki jarak cukup dekat, hanya beberapa kilometer dari tepi pantai di Tugu Pensil ini.

Hunting Foto Di Tugu Pensil

Bagi Anda yang memiliki hobi dalam bidang fotografi, Tugu Pensil Tanjungpinangini dapat menjadi salah tatu tempat yang tepat untuk melakukan hunting foto.Dengan keunikan dari Tugu Pensil dan keindahan pemandangan di sekitarnya ini menjadikannya sebagai objek foto yang menarik untuk diabadikan.Anda bisa juga melakukan selfie atau berfoto bersama jika berkunjung bersama dengan para sahabat maupun keluarga, di samping Tugu Pensil.

Kalaupun Anda sudah memiliki anak, Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk bermain di arena khusus bermain sambil membidik keseruan yang sedang dilakukan anak-anak Anda.Dan jika Anda juga memiliki ketertarikan untuk mengambil foto kategori Human Interest atau HI, maka tempat ini merupakan tempat yang pas.

Untuk kategori HI ini Anda dapat mengambil objek dari para pengunjung yang datang menikmati suasana di Tugu Pensil, para pengunjung yang sedang menikmati fasilitas-fasilitas di tempat ini, maupun para penjual yang menjual makanan ringan dan kecil. Intinya, Anda akan mendapatkan banyak objek foto untuk HI.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen matahari terbit, Anda juga bisa mengambil jepretan di tempat ini. Dan di sore hari pun Anda juga bisa mengabadikan gambar keindahan matahari tenggelam. Di sore hari tersebut merupakan waktu yang tepat untuk berburu foto karena tempat ini memiliki banyak objek foto dan cahaya yang tentunya mendukung.

Akses Menuju Tugu Pensil Yang Dapat Dilalui

Supaya Anda bisa sampai di Tugu Pensil Tanjungpinangyang berlokasi di Jalan Haji Agus Salim dan letaknya yang berada di tepi laut, maka Anda bisa menuju ke tempat ini hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa melakukan penyewaan kendaraan pribadi dan datang ke tempat ini ramai-ramai bersama para sahabat maupun keluarga Anda. Akses yang bisa Anda lalui untuk sampai ke tempat ini tidaklah sulit, karena terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.Untuk mengetahui rute lebih jelasnya Anda bisa mencarinya melalui aplikasi Google Maps.

baca juga:

Tips Penting Untuk Berwisata Ke Tugu Pensil

Taman Tugu Pensil Tanjungpinangini adalah sebuah tempat bersejarah yang merupakan peninggalan dari masa lalu yang harus dijaga dan dilestarikan keaslian bangunannya serta kebersihan lingkungan sekitar.Hal ini sudah seharusnya kita lakukan tanpa harus diperintah karena merupakan kesadaran diri dan rasa tanggung jawab terhadap aset milik bangsa.Selain itu, agar para generasi selanjutnya yang ada di bawah kita dapat mengetahui serta mempelajari sejarah yang ada tentang Tugu Pensil ini.

Lalu masalah kebersihan, sebagai seorang manusia yang memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian akan lingkungan, sebaiknya Anda juga menjaga kebersihan pada tugu dan lingkungan yang ada di sekitarnya. Jangan sampai Anda membuang sampah sembarangan yang justru akan memperburuk lingkungan, apalagi sampai mencoret-coret Tugu bersejarah ini dengan tulisan maupun gambar yang tidak jelas. Jadi, jangan sampai Anda merusak keindahan dan keasrian yang ada di tempat ini.

Itulah ulasan yang menyajikan beberapa informasi tentang Tugu Pensil Tanjungpinang.Karena tempat ini merupakan tempat bersejarah yang memiliki pemandangan indah, maka tempat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk dikunjungi.Silahkan nikmati keindahan yang ada dan jangan sampai lupa untuk menjaga kebersihan serta tidak merusak fasilitas-fasilitas dan lingkungan yang ada di sekitar.

You might like

About the Author: Admin Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *