Inilah Deretan Makanan Khas Tanjungpinang Yang Wajib Dicoba

26 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Tanjungpinang merupakan ibukota dari Kepulauan Riau yang memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata. Berwisata ke Tanjungpinang tidak lengkap rasanya jika belum menikmati makanan khas Tanjungpinang. Karena merupakan kawasan kepulauan, kuliner khas dari wilayah ini juga kebanyakan makanan laut. Namun, tidak jarang pula kuliner khas yang menyajikan masakan melayu yang sangat kental.

Makanan Khas Tanjungpinang Yang Menggugah Selera

Sebagai kawasan pintu masuk wisatawan mancanegara kedua setelah bali, menjadikan Kepulauan Riau sebagai salah satu tujuan para wisatawan untuk berlibur. Selain menawarkan berbagai tempat wisata, Tanjungpinang juga memiliki berbagai macam olahan makanan khas yang bisa ditemukan hampir di sepanjang jalan.

Makanan Khas Kota Tanjungpinang
Makanan Khas Kota Tanjungpinang

Jika Anda belum mengetahui apa saja makanan khas Tanjungpinang, silahkan simak penjelasannya di bawah ini !

1. Gong Gong

Gong Gong atau siput merupakan salah satu makanan khas Tanjungpinang yang sangat terkenal. Cara pengolahan makanan ini adalah dengan direbus kemudian dimakan dengan menggunakan sambal khusus. Gong Gong bukan hanya makanan khas yang terkenal di Kepulauan Riau, namun juga sudah terkenal sampai ke berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Singapura, Thailand bahkan sampai ke India. Yang menjadikan makanan ini terkenal dan disukai adalah karena rasa dan aromanya yang sangat khas.

Gong Gong banyak ditemui di Kepulauan Riau tepatnya di perairan Tanjung Uban, Desa Lobam, Batam dan Pulau Bintan. Makanan ini banyak sekali mengandung gizi yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan, tak sedikit pula masyarakat yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi makanan ini mampu meningkatkan pertumbuhan hormone dan meningkatkan vitalitas.

2. Lempok Durian

Makanan khas Tanjungpinang yang kedua adalah lempok durian. Makanan ini merupakan makanan sejenis dodol yang terbuat dari buah durian dan siantan yang sangat lezat. Jika dibandingkan dengan lempok durian buatan Sumatera ataupun Kalimantan, Lempok durian Tanjungpinang ini memiliki rasa yang sangat khas dan lebih legit. Makanan khas yang satu ini dibuat secara turun temurun oleh masyarakat hanya dengan menggunakan terknologi sederhana.

Hal inilah yang membuat cita rasa lempok durian Tanjungpinang tetap terjaga sampai sekarang. Makanan ini sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh jika berlibur ke Tanjungpinang. Jika ingin mendapatkannya, Anda bisa membelinya di kedai makanan yang ada di beberapa titik Tarempa atau Letung.

3. Mie Tarempa

Mie Tarempa atau yang juga disebut sebagai mie Siantan merupakan makanan yang berbahan dasar mie kuning yang terbuat dasar tepung terigu, telur, kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan menggunakan bumbu cabai. Makanan khas ini sangat mudah ditemukan jika Anda berada di Kabupaten Ambas.

Namun, saat ini di Tanjungpinang juga sudah tersedia tempat terkenal yang menjual mieTarempa yaitu di kedai Kopi Selera Bintan yang berada di jalan Basuki Rahmat. Makanan berkuah yang satu ini sangat cocok dinikmati dalam keadaan panas, apalagi jika cuaca dingin atau pada saat musim hujan.

baca juga:

4. Bingke Pandan

Bingke pandan merupakan makanan khas dari Tanjungpinangyang memiliki rasa yang sangat enak. Makanan ini merupakan kue yang memiliki rasa manis, aroma yang harum dan berlemak santan. Harganya yang murah membuat makanan ini sulit ditolak untuk dinikmati oleh siapapun yang berkunjung ke Tanjungpinang. Untuk mendapatkan kue ini, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di wilayah Tanjungpinang.

5. Luti Gendang

Makanan khas dari Tanjungpinang yang selanjutnya adalah luti gendang. Makanan ini sangat mudah dijumpai di warung makan sekitaran Tanjungpinang dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp 2.500 per buahnya. Dengan berbagai isian yang bermacam macam (isian ikan yang menjadi favorit) membuat makanan ini banyak diminati oleh masyarakat.

Rasanya yang gurih dan ukurannya yang imut akan membuat orang merasa kurang jika hanya menyantap satu potong saja. Roti ini juga cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa dipesan mentah untuk dibawa pulang. Jika sudah sampai di rumah, tinggal digoreng apabila ingin menikmatinya.

6. Otak-otak

Otak-otak khas Tanjungpinang ini berbeda dari otak-otak yang ada di daerah lain. makanan khas Tanjungpinang yang satu ini memiliki warna kuning dan aroma harum rempah-rempah yang sangat kental. Tekstur otak-otak ini juga lebih halus, sehingga tidak perlu digigit keras karena akan lumer sendiri di mulut. Jika ingin mendapatkannya, Anda bisa membelinya di pasar atau di daerah pecinan.

7. Lemper

Lemper dari Tanjungpinang berbeda dari lemper pada umumnya, yaitu memiliki bentuk yang tipis, kurus dan panjang. Isian dari lemper ini adalah ikan tongkol dan akan terasa pedas jika dimakan.

8. Nasi Dagang

Nasi dagang ini hampir sama dengan nasi uduk dan dibungkus dengan daun pisang seperti nasi kucing di angkringan. Nasi bersantan yang dicampur dengan lauk dan sambal ini sangat nikmat jika disantap sembari menikmati keindahan kotaTanjungpinang. Untuk harganya sendiri yaitu hanya sekitar Rp 5.000 per bungkusnya.

9. Tepung Gomak

Makanan khas Tanjungpinang yang satu ini merupakan sejenis kue. Kenapa dinamakan kue tepung gomak karena dibalut dengan tepung yang tebal. Kue ini bisa ditemui di warung daerah pecinan, Tanjungpinang. Kue ini terbuat dari kacang hijau dan didalamnya diisi dengan kelapa parut yang dimasak dengan menggunakan gula merah. Isiannya memiliki rasa yang hampir mirip dengan dadar gulung, namun tampilan luarnya mirip dengan kue moci.

10. Deram-deram atau Drum-drum

Makanan khas Tanjungpinang yang selanjutnya memiliki nama yang sangat unik yaitu deram-deram. Kue ini merupakan kue khas dari daerah Pulau Penyengat, namun sangat mudah untuk ditemukan di Tanjungpinang. Bentuknya mirip dengan donat yaitu bulat dengan lubang di tengahnya. Bahan dasar pembuatan deram-deram adalah tepung beras yang dicampur dengan gula merah. Menurut cerita, kue deram-deram ini dulunya merupakan makanan khas yang sering disediakan di Kesultanan Melayu.

11. Lakse

Lakes merupakan makanan khas Tanjungpinang sejenis mie yang sudah dicampur dengan bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu. Bentuk dari mie ini yaitu bulat putih dan tebal. Nama Lakse sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti banyak. Tak heran jika dinamai Lakse, karena dalam proses pembuatan mie ini banyak sekali menggunakan bumbu. Dalam penyajiannya, mieLakse terdiri dari beberapa macam. Salah satunya adalah dengan kuah yang berlemak dan pedas serta kaya akan bumbu rempah. Ini pula yang membuat mie ini banyak diminati oleh masyarakat Tanjungpinang maupun masyarakat luar Tanjungpinang.

12. Ikan Asam Pedas

Makanan khas Tanjungpinang yang terakhir adalah ikan asam pedas. Makanan ini memiliki aroma yang khas dengan kuah kental yang berwarna merah, sehingga membuat makanan ini sangat menggugah selera. Perpaduan antara lada putih, cabai serta jahe membuat rasanya menjadi pedas dan nikmat. Menikmati ikan asam pedas sangat cocok jika didampingi dengan nasi liwet yang panas.

Itulah deretan makanan khas Tanjungpinang yang bisa dijadikan referensi jika Anda berkunjung ke Kepulauan Riau khususnya Tanjungpinang.

You might like

About the Author: Admin Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *