Inilah 7 Kuliner Kota Tanjungpinang Yang Wajib untuk Dicicipi

24 Likes Comment

Tanjungpinang.info – Apakah Anda punya rencana untuk berlibur? Tapi masih belum menentukan kemana akan pergi? Tidak ada salahnya Anda mencoba berwisata ke Tanjungpinang, merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki sejuta pesona untuk dijelajahi.

Jika Anda sudah pergi kesana, jangan lupa untuk menyempurnakan perjalanan Anda dengan mencicipi berbagai kuliner yang dapat menggoyang lidah. Tanjungpinang ini memiliki berbagai macam kuliner khas daerah yang sangat lezat dan sayang untuk dilewatkan.

Kuliner tersebut mungkin memang bisa Anda temukan di tempat Anda sendiri. Namun tidak afdol rasanya jika melewatkan kesempatan untuk merasakan berbagai makanan khas Tanjungpinang jika tidak langsung dari daerah asalnya sendiri.

Jadi, bagi Anda yang sudah menyusun jadwal liburan ke Tanjungpinang, jangan lupa tambahkan pula daftar wisata kuliner yang wajib dicicipi. Dijamin Anda tidak akan menyesal dan justru semakin betah tinggal lebih lama di Tanjungpinang. Lalu apa saja makanan yang dapat Anda dicicipi disana?

Menu Kuliner Tanjungpinang Yang Wajib Dicicipi

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur atau berwisata ke luar kota bahkan luar pulau atau luar negeri sekalipun, yakni mencicipi makanan khas daerah yang dikunjungi.Nah, jika Anda sedang berwisata ke daerah Tanjungpinang, Kepulauan Riau, jangan sampai lupa untuk mencicipi pula makanan-makanan khas dari daerah ini.

Tanjungpinang merupakan tempat strategis yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, maka makanan khas dari sini juga memadukan cita rasa dan aroma dari Indonesia dan negeri-negeri tetangga tersebut. Hal ini justru membuat daerah ini semakin menarik akan akulturasi dalam bidang kuliner ini. Dan tentunya masih sangat ramah di lidah orang Indonesia.

Saat Anda sudah sampai di Tanjungpinang, cobalah cicipi satu per satu makanan yang khas di daerah tersebut. Anda akan merasa rugi jika hanya mencicipi satu atau dua jenis mekanan saja. Terutama bagi Anda yang berasal dari luar kota Tanjungpinang, maupun luar provinsi Kepulauan Riau.

Mumpung sedang berlibur, Anda harus bisa memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Karena belum tentu semua masakan khas kota ini tersedia di daerah Anda. Oleh karena itu, apa sajakah makanan khas Tanjungpinang yang wajib untuk dicicipi oleh para wisatawan? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khasnya:

1. Otak-Otak Tanjungpinang

Makanan khas yang pertama adalah otak-otak. Siapa yang tidak tahu makanan ini? Anda pun pasti sudah sering mendengarnya.Meskipun otak-otak sangat familiar di telinga kita dan bahkan makanan ini dapat ditemukan di berbagai daerah, namun menurut pendapat dari beberapa orang yang pernah mencoba masakan khas ini adalah bahwa otak-otak dari Tanjungpinang merupakan otak-otak yang rasanya paling enak.

Otak Otak Kuliner Kota Tanjungpinang
Otak Otak Kuliner Kota Tanjungpinang (pic: twitter.com/arieparikesit)

Otak-otak khas Tanjungpinang ini terbuat dari ikan atau cumi-cumi maupun sotong yang masih dalam kondisi segar, karena langsung diolah setelah ditangkap dari laut. Di samping itu, kuliner yang satu ini memiliki tekstur yang tidak kenyal, tidak seperti otak-otak kebanyakan.

Teksturnya justru lebih lembut karena tidak dicampuri tepung sagu terlalu banyak. Ciri khas dari otak-otak Tanjungpinang ini adalah penyajiannya yang dibungkus dengan daun kelapa, dan cara memasaknya adalah dengan dipanggang. Tidak seperti otak-otak di tempat lainnya yang kebanyakan dibungkus menggunakan daun pisang.

baca juga:

Di Tanjungpinang, menu makanan otak-otak ini bisa Anda temukan di berbagai tempat, terutama di tepian laut. Sedangkan lokasi yang paling terkenal menyajikan makanan ini ada di daerah Pelantar Dua.Harga yang dibanderol pun sangat murah yaitu hanya dua ribu rupiah saja per bungkusnya.

2. Mie Lendir

Kuliner Tanjungpinangkedua yang patut Anda cicipi saat berwisata ke sini adalah Mie Lendir.Apa itu Mie Lendir? Apakah penyajian makanannya dicampur dengan lendir?Tentu saja tidak. Nama makanan yang tidak biasa ini justru membuat orang yang tidak tahu akan semakin bertanya-tanya.

Namun daripada hanya bertanya-tanya, lebih baik Anda langsung mencobanya. Karena nyatanya Mie Lendir ini sama saja dengan makanan yang berbahan Mie biasa. Lalu mengapa makanan ini bisa disebut dengan Mie Lendir?Ini karena kuah kentalnya yang teksturnya mirip seperti lendir.

Mie Lendir ini merupakan makanan yang berbahan baku dari Mie kuning dengan ukuran lebih besar dari Mie biasa. Kemudian mie kuning tersebut direbus bersamaan dengan tauge dan dilengkapi dengan satu butir telur rebus yang diiris menjadi dua bagian.Setelah selesai, sentuhan terakhirnya yaitu mie disiram dengan kuah kacang yang bertekstur kental.Dan voila, jadilah Mie Lendir yang lezat untuk dicicipi.

3. Mie Tarempa

Hidangan kuliner selanjutnya yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi adalah Mie Tarempa. Selama Anda berwisata di kotaTanjungpinang, maka Anda akan dengan mudah menemukan plang rumah makan yang menyediakan Mie Tarempa. Mie Tarempa ini bentuk mienya lebih pipih, mirip seperti bentuk kwetiauw.

Cara penyajian mie ini adalah mie yang ditumis lalu dilengkapi dengan campuran kecambah dan juga telur. Di atasnya akan diberikan toping suwiran ikan tongkol yang sudah dibumbui sehingga rasanya akan semakin yummy. Mie Tarempa ini memiliki tiga jenis variasi memasak yakni Mie Tarempa goreng, lembab, dan berkuah.

Bisa dbayangkan bukan betapa enaknya Mie Tarempa dengan tiga varian tersebut? Untuk bisa mencicipi makanan ini pun mudah, karena Anda akan menemukan rumah makan Mie Tarempa di sepanjang jalan yang ada di Tanjungpinang. Warung-warung tersebut pun sudah buka dari pagi-pagi sekali hingga tutup di malam hari.

4. Nasi Dagang

Kita beralih pada kuliner Tanjungpinangselanjutnya, yakni Nasi Dagang. Makanan yang satu ini akan ramah di lidah orang-orang dari luar Kepulauan Riau karena merupakan makanan yang mirip dengan nasi uduk. Hanya saja disajikan dalam bungkus daun pisang. Di dalamnya sudah lengkap dengan nasi yang sudah diberi santan, lauk, dan juga sambal.Harganya pun juga sangat ramah di kantong. Hanya 5 ribu rupiah saja.

5. Gonggong

Ini dia kuliner yang cocok bagi Anda sang pecinta makanan laut. Jangan lupa cicipi Gonggong. Apa itu Gonggong? Mengapa namanya begitu unik? Gonggong merupakan salah satu makanan laut khas dari Tanjungpinang. Biasanya setiap penjual makanan seafood pasti akan menyajikan menu Gonggong.

baca juga:

Gonggong merupakan hewan sejenis siput laut yang hidup dan tinggal di perairan laut sekitar Kepulauan Riau.Cara memasak Gonggong pun sangat sederhana, yaitu cukup direbus saja. Sedangkan cara memakannya hanya perlu dicocol dengan sambal. Sambal yang paling cocok untuk makanan ini adalah sambal kacang yang memiliki rasa asam manis.

6. Luti Gendang

Tak hanya makanan berat saja, Tanjungpinang juga memiliki makanan khas berupa jajanan maupun makanan ringan, salah satunya adalah Luti Gendang. Luti Gendang merupakan roti dengan bentuk lonjong dan digoreng.Roti ini memiliki berbagai variasi isian, namun isian yang paling disukai adalah ikan.Rasanya pun gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan kudapan.Harga roti ini sangat murah.Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 2.500 rupiah per buahnya.

7. Lemper Tanjungpinang

Tidak hanya daerah Jawa yang memiliki makanan khas bernama Lemper, Tanjungpinang pun juga memilikinya. Akan tetapi, lemper ini mempunyai beberapa perbedaan dengan lemper lainnya. Lemper Tanjungpinang ini memiliki bentuk yang ramping dan juga lebih panjang. Sedangkan isian di dalamnya adalah ikan tongkol, bukan daging ayam maupun daging sapi.

Itu dia beberapa kuliner Tanjungpinagyang harus Anda cicipi ketika bepergian maupun berwisata ke Tanjungpinang.Jangan lewatkan kesempatan karena Anda tidak bisa setiap hari menyantapnya.Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua.

You might like

About the Author: Admin Tanjungpinang.info

Mengulas seluk beluk kota tanjungpinang dari berbagai sumber. Informasi dikumpulkan secara singkat dari tim penulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *